Peringatan HUT ke-62 Pramuka, SMK Al Manshurin Helat Upacara Bendera

0
97

Kediri (14/08). SMK Al Manshurin, yang bernaung di bawah DPD LDII Kota Kediri, menghelat upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-62 Pramuka. Sebanyak 250 orang siswa dan santri mengikuti acara tersebut di sekolah yang berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur, pada Senin (14/08).

Asyhari Eko Prayitno, Ketua Pemuda LDII Kota Kediri bertindak sebagai Inspektur upacara, mengatakan upacara tersebut meneguhkan komitmen para generasi bangsa agar lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur dari dasa darma dan Tri Satya Pramuka.

“Pramuka juga sebagai bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kepribadian yang beriman, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga keutuhan serta membangun NKRI, tanpa memandang perbedaan yang ada baik suku, agama, ras, maupun politik,” ujarnya.

Ia menjabarkan bahwa Pramuka kepanjangan dari praja muda karana artinya kumpulan pemuda yang banyak berkarya melakukan norma-norma positif, menjadi manusia luhur dan bijaksana serta berjiwa Pancasila.

“Dengan semangat berjiwa Pramuka generasi muda bisa menjadi garda terdepan pembawa perubahan, yang terus mengembangkan karakter penuh kebaikan, untuk membawa Indonesia pada perubahan yang membanggakan,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa Enam Tabiat Luhur yang dicanangkan oleh LDII melalui Sako Pramuka Sekawan Persada Nusantara itu juga tertera dalam isi Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka, yang selalu diamalkan oleh warga LDII dalam kegiatan sehari-hari.

“Enam Tabiat Luhur yaitu jujur, amanah, hemat, rukun, kompak, dan kerjasama yang baik. Keenam karakter luhur yang mendukung nilai-nilai kepramukaan ini selalu kami tanamkan di kalangan generasi muda LDII. Harapannya bisa menjadi pondasi dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berintegritas dan berakhlak mulia,” jelasnya.

Menurutnya, Pramuka dididik dengan kemandirian dalam kebersamaan dengan rasa tanggung jawab, anggota Pramuka merupakan calon pemimpin masa depan yang dapat diandalkan. Oleh karena itu, setiap anggota Pramuka harus memiliki sifat kepemimpinan dan mengimplementasikan dasa darma dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadikanlah Pramuka sebagai suri tauladan yang baik bagi lingkungan sekolah, pondok pesantren maupun lingkungan masyarakat sekitar dengan kebijakan yang bijaksana, kreatif, dan bermanfaat. Dengan Pramuka jangan pernah malu untuk berbuat hal yang positif dan tetaplah semangat mengupayakan masa depan yang lebih baik,” harapnya.

“Semoga Peringatan Hari Pramuka ke-62 ini dapat memotivasi untuk mengabdi tiada batas untuk NKRI dan mempercepat kemandirian gerakan Pramuka guna mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter pemuda sebagai calon pemimpin bangsa masa depan yang handal dan lebih baik, serta memacu untuk lebih memajukan gerakan Pramuka,” pungkasnya.

Hadir mengikuti upacara, siswa-siswi reguler Ponpes Nurul Huda Al Manshurin dan siswa-siswi SMK Al Manshurin serta turut hadir pula para guru dan pengurus Pondok Pesantren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here