Perpustakaan Desa Hadir di Kalangan Masyarakat, Dukung Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

0
176

Mojokerto (11/10). Departemen Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat tahun 2022 di desa Bicak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari selasa, 11 Oktober 2022 yang bertajuk “peran perpustakaan desa dalam mendukung program desa ramah perempuan dan peduli anak”.

Menurut paparan Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat, Dr. Tri Susantari, Dra., M.Si mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat desa mengenai peran perpustakaan desa yang dapat mendukung terciptanya desa ramah perempuan dan peduli anak.

Lebih lanjut Dosen Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan ini memaparkan, “Perpustakaan Desa sebagai salah satu pusat informasi yang berada di lingkungan masyarakat pedesaan perlu untuk meningkatkan performa layanan dan penguatan literasi masyarakat.”paparnya

Sehingga melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat mampu menjadi agen perubahan dalam menciptakan lingkungan Desa yang ramah perempuan dan peduli anak, seperti turut serta dalam mengurangi angka pernikahan dini, berperan dalam pencegahan dan penanganan KDRT, mendukung kegiatan dan peran perempuan di wilayah publik, selain itu membangun suasana kondusif untuk tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun psikologis, serta memiliki pengetahuan akan hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi anak, sehingga masa depan anak dapat terjamin dengan baik.

Sejauh ini pelaksanaan kegiatan ini meliputi, sosialisasi dengan dua topik utama yang moderatori oleh Dr. Fitri Mutia. Materi pertama tentang peran perpustakaan dalam penguatan literasi untuk mendukung program desa ramah perempuan dan peduli anak disampaikan oleh Dr Tri Susantari, selanjutnya pemaparan materi tentang pengelolaan perpustakaan desa yang dapat menunjang program desa ramah perempuan dan peduli anak oleh Endang Gunarti Dra., M.Si.

Di akhir kegiatan ditutup dengan penyerahan secara simbolis hibah buku referensi sebanyak 129 eksemplar untuk menambah koleksi perpustakaan desa oleh Ketua Departemen Informasi dan Perpustakaan, Hendro Margono, S.Sos., M.Sc., Ph.D.

Kepala Desa Bicak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto Yunita Dwi Ratnasari, S.Ikom yang menjadi mitra dalam kegiatan ini merespon positif dan berharap kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan sehingga manfaatnya dapat diperoleh masyarakat secara komprehensif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here